Tarif Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan Terbaru 2017

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Tarif Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan Terbaru 2017. Selamat membaca dan jangan lupa bagikan artikel situs cara cek CekCara.com.

Tarif Iuran BPJS Kesehatan – Layanan pemerintah tidak hanya ada dalam sektor pembangunan saja, namun juga dalam bidang kesehatan. Jika sebelumnya program kesehatan pemerintah identik layanan yang gratis dan diberikan kepada yang membutuhkan, berbeda dengan saat ini yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Melalui Jaminan Kesehatan Nasinonal (JKN) telah mengeluarkan kartu kesehatan dengan sistem pembayaran asuransi atau yang lebih dikenal dengan BPJS (Badan Perlindungan Jaminan Sosial). Dalam perkembangannya sendiri kartu kesehatan ini terbagi atas dua jenis kartu yang berbeda yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan juga BPJS Kesehatan. Penggunaanya sendiri pun bisa dikatakan berbeda lantaran fungsi dan prosedur pelaksanaanya juga sudah  dibedakan.

Tarif Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan

Tarif Iuran BPJS Kesehatan (jawapos.com)

Mungkin perbedaan yang terlihat adalah mengenai pembayaran iuran masing-masing jenis kartu BPJS. Untuk BPJS Ketenagakerjaan iuran per bulanya dipotong sekian persen dari gaji yang diperolehnya. Namun berbeda ketika anda menggunakan kartu BPJS Kesehatan dimana iuran ini memiliki 3 tingkatan kelas yang memiliki tarif masing-masinh. Dalam tiap tingkatan satu dengan yang lain memiliki pelayanan atau fasilitas kesehatan yang juga tidak sama ketika melakukan perawatan di rumah sakit. Hal ini bisa terlihat dari beberapa kenyamanan yang bisa diperoleh oleh pengguna BPJS kelas 1 dimana peserta bisa rekomendasi lokasi faskes yang diinginkan. Akan tetapi beberapa fasilitas yang bisa diperoleh juga tidak terlepas dari beberapa prosedur yang harus dilakukan.

Baca  Prosedur Cara Ganti Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

Berbeda dengan mereka yang berada di kelas 3 yang hanya bisa menikmati pengobatan dan layanan sesuai dengan kapasitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang paling rendah. Akan tetapi rendahnya biaya yang dibayarkan juga menguntungkan bagi mereka yang memiliki jumlah anggota keluarga banyak. Mengigat tarif iuran BPJS Kesehatan baru-baru ini meningkat dari pembayaran sebelumnya. Akan tetapi mahal atau tidaknya iuran yang dilakukan juga tergantung dari kemampuan seseorang untuk melakukan pembayaran setiap bulanya. Disamping itu banyak masyarakat kita yang ternyata masih belum mengetahui akan kenaikan  iuran BPJS Kesehatan. Maka dari itu kami disini telah memberikan beberapa data mengenai harga iuran BPJS Kesehatan yang bisa dilihat berikut ini.

Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2017

  • Tarif BPJS Kesehatan Kelas I: Sebelumnya Rp 59.500, sekarang naik menjadi Rp 80.000,- / bulan
  • Tarif BPJS Kesehatan Kelas II : Jika dulu bisa dibayar dengan Rp 42.500, kini naik menjadi Rp 51.000,- / bulan
  • Tarif BPJS Kesehatan Kelas III: Tarif iurannya adalah Rp 25.500,- / bulan, hingga saat ini.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan sendiri mulai diberlakukan sejak ditetapkan bulan April 2016 lalu. Beberapa pihak menyebutkan alasan mereka menaikan tarif BPJS kelas 1 dan 2 adalah untuk mencegah terjadinya defisit (miss match) yang diharapkan dapat mengurangi beban anggaran negara yang selama ini menanggung kerugian BPJS Kesehatan. Untungnya kenaikan pembayaran asuransi kesehatan ini tidak terjadi pada pengguna BPJS kelas 3 yang notabenya membantu peserta yang benar-benar membutuhkan. Dengan adanya kesepakatan mengenai kenaikan tarif BPJS Kesehatan yang baru, tidak lantas membuat pengguna BPJS kelas 1 dan 2 mengalami penurunan jumlah peserta kartu BPJS.  Pada intinya, program yang dijalankan oleh pemnrintah ini mampu memberikan kontribusi yang baik bagi penggunanya.

Baca  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek via Online dan Aplikasi

Source:

tarif terbaru iuran bulanan BPJS 2017, iuran perbulan bpjs kesehatan, iuran bpjs 2017, kenaikan asuranso ketenagakerjaan 2017, kenaikan tarif iuran bpjs kesehatan kelas 3 terbaru, perhitungan bpjs untuk sektor meubel, tarif bpjs 2017, tarif bpjs kesehatan, tarif bpjs kesehatan naik 2017, Tarif Pengguna bpjs