Prosedur Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan + Syarat yang Dibawa

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Prosedur Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan + Syarat yang Dibawa. Selamat membaca dan jangan lupa bagikan artikel situs cara cek CekCara.com.

Cara Berobat BPJS Kesehatan – Selain pendidikan yang yang menjadi sistem utama oleh pemerintah, ada juga bidang kesehatan yang juga tidak luput dari perhatiannya. Terkadang urusan kesehatan masyarakat Indonesia juga membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk meringankan biaya pengobatan. Hal ini kemudian direalisasikan melalui kartu BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) yang saat menjadi layanan pengobatan sejumlah rumah sakit umum yang ada di Indonesia. Modern ini keberadaan BPJS bukan merupakan sesuatu yang asing lagi terdegar. Tidak hanya berkopeten dalam memberikan jaminan kesehatan, namun BPJS Kesehatan juga cukup berperan dalam membantu meringankan beban ekonomi ketika melakukan pengobatan.

Prosedur Cara Berobat dengan BPJS Kesehatan

Prosedur Cara Berobat BPJS Kesehatan (isal.wordpress.com)

Untuk melakukan sejumlah pengobatan, pihak JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) juga memiliki wewenang dalam menjalankan setiap programnya, termasuk prosedur cara berobat BPJS Kesehatan itu sendiri. Dalam pemberlakuan tata cara pengobatannya sendiri juga masing dibedakan tiap masing-masing tingkatan kelas BPJS Kesehatan. Bisa dikatakan bahwa, tindakan medis yang dulakukan oleh pihak rumah sakit kepada peserta tidak sama. Hal ini terlihat dari fasilitas yang diberikan kelas utama dan ketiga sudah berbeda. Mungkin yang membedakan diantaranya adalah besar tarif iuran yang disetorkan dimana peserta BPJS Kesehatan kelas 1 lebih besar. Selain itu tiap faskes rumah sakit juga memiliki prosedur cara pengobatan BPJS yang berbeda.

Dengan adanya beberapa perbedaan yang diterima oleh pengguna BPJS Kesehatan kelas 3, membuat pro dan kontra dimasyarakat. Tidak heran jika beberapa pelayanan BPJS menjadi permasalahan utama yang hingga kini masih belum teratasi dengan baik. Namun yang menjadi patokan adalah fasilitas kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit tidak hanya berpedoman pada tinggi rendahnya iuran BPJS itu saja. Namun ada beberapa ketentuan pihak instansi kesehatan yang memang sudah menjadi pedoman pengobatan pagi setiap pasiennya. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih awam dengan cara berobat menggunakan BPJS Kesehatan, berikut telah kami siapkan beberapa tahapan yang bisa dilihat berikut ini.

Baca  Cara Download Aplikasi BPJS Kesehatan di Android

Mengunjungi Puskesmas Faskes 1 Terdekat

Jika saat ini ingin melakukan pengobatan menggunakan BPJS Kesehatan, maka yang harus dilakukan adalah mendatangi Puskesmas Fasket tingkat 1 untuk melakukan sejumlah pemeriksaan. Tata cara pengobatan BPJS Kesehatan yang satu ini menjadi langkah awal yang harus dijalankan ketika ingin melakukan pengobatan. Jika sejumlah pemeriksaan sudah dilakukan, maka pihak Puskesmas bisa menentukan keadaan pasien yang masih memungkinkan dirawat ditempat atau harus memberikan surat rujukan. Apabila pihak Puskesmas sudah tidak sanggup menangani penyakit yang diderita pasien, maka harus memberikan rujukan ke rumah sakit umum yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang berada didaerah setempat.

Mendatangi Rumah Sakit Rujukan

Apabila sudah berada dilokasi rumah sakit rujukan, selanjutnya pasien akan diperiksa di IGD. Perlu perhatikan bahwa ruang IGD ini hanya dibatasi untuk pasien yang memang dalam keadaan gawat darurat. Jika pasien tidak terlalu parah penyakitnya, maka pihak rumah sakit juga bisa menolak pasien untuk dirawat. Hal ini juga berlaku bagi anda yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan kelas utama maupun ketiga. Untuk melakukan beberapa pengobatan yang menggunakan BPJS Kesehatan, maka pihak instansi terkait juga akan meminta beberapa syarat dokumen untuk menjadi kelengkapan data pasien BPJS. Berikut beberapa syarat yang harus dibawa ketika ingin menebus obat, atau perawatan medis lainya.

  • Membawa surat rujukan asli dari Puskesmas Faskes 1 beserta fotocopy
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan KTP
  • Membawa kartu BPJS Kesehatan beserta fotocopy-anya

Dalam pelaksanaanya sendiri mungki bentuk pelayanan istimewa bisa di dapatkan bagi pengguna BPJS kelas 1 yang dapat memilih ruang rawat inap yang VIP. Berbeda ketika anda menggunakan BPJS Kelas 3 yang harus rela menerima fasilitas yang sudah disediakan. Disisi lain kami juga akan memberitahukan bahwa tidak semua perawatan medis, biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS. Artinya anda harus membayar beberapa obat atau alat medis diluar BPJS Kesehatan. Adanya prosedur cara pengobatan BPJS Kesehatan diatas berlaku oleh semua pasien yang menggunakan BPJS.

Baca  Alamat Kantor BPJS Kesehatan Seluruh Kota di Indonesia Lengkap