Cara, Syarat dan Biaya Mengurus STNK yang Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang – Menjadi salah satu pemilik kendaraan yang di akui oleh pemerintah, tentunya memiliki perlengkapan surat kendaraan lengkap dan juga SIM. Dari kedua jenis surat berkendara ini salah satu  diantaranya adalah peryataan yang mengatakan bahwa kendaraan yang kita miliki tercatat sebagai kendaraan yang resmi. Salah satu surat bukti kendaraan yang kami maksudkan adalah Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK). Mungkin beberapa orang juga sudah mengetahui bahwa STNK salah satu bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang difungsikan sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika bergerak dijalan. Beberapa data yang bisa diambil dari STNK diantaranya berisikan identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi dan masa berlaku termasuk pengesahannya.

Cara Mengurus STNK Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang (bpras.com)

Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) sendiri tidak hanya sebagai bukti kepemilikan saja, namun juga diperlukan jika terjadi tindak kriminal seperti halnya pencurian motor. Tujuan memiliki STNK sendiri juga dimaksudkan agar tidak terjadi pelanggaran ketika ada operasi penertiban lalu lintas pihak kepolisian yang akan meminta kelengkapan surat berkendara. Hal tersebut sudah membuktikan bahwa keberadaan STNK sendiri menjadi keabsahan sebuah dokumen yang diterbitkan oleh SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Akan tetapi walaupun dianggap penting, tidak jarang pengguna sering kali menghilangkanya. Hal ini juga menambah daftar para pegguna yang masih belum mengetahui cara mengurus STNK yang hilang yang sampai saat ini masih sedikit yang tertangani.

Sebuah dokumen yang diterbitkan oleh pihak SAMSAT memiliki tempat pelayanan penerbitan / pengesahan yang terdiri  beberapa instansi yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. Dari tiap layanan memberikan wewenang serta tugasnya masing-masing. Namun jika surat motor atau mobil hilang, maka sebagai pemilik kendaraan anda juga harus segera mengurus STNK. Apabila masalah ini dibiarkan berlarut –larut, bukan tidak mungkin anda tidak memiliki bukti keabsahan kendaraan yang dimiliki. Maka dari itu bagi anda yang saat ini merasa kehilangan STNK, disini kami akan memberikan beberapa cara mengurus STNK yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Syarat Mengurus STNK Hilang

Sebelum mengurus kehilangan atas STNK, maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mempersiapkan beberapa syarat mengurus STNK yang hilang. Ada beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh pengendara, berikut adalah listnya.

  • KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
  • Fotocopy STNK yang hilang. Apabila tidak memiliki maka harus meminta surat keterangan dari pihak dealer dimana saat membeli kendaraan.
  • Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
  • BPKB asli dan fotokopi, jika tidak lagi kredit.

Setelah mengetahuinya beberapa syarat untuk mengurus STNK yang hilang diatas, maka tahapan selanjutnya anda bisa langsung mengurus surat kepemilikan ini di kantor SAMSAT. Untuk lebih jelasnya mengenai prosedur yang harus dijalankan, berikut adalah ulasan terlengkapnya.

Cara Mengurus STNK yang Hilang

  1. Tahap awal periksa fisik kendaraan, setelah itu fotocopy hasil cek fisiknya
  2. Kemudian isi formulir pendaftaran
  3. Lalu mengurus cek blokir atau mendapat surat keterangan STNK hilang dari Samsat yang berisikan keterangan keabsahan STNK terkait. Misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian.
  4. Berikutnya lampirkan hasil cek fisik kendaraan
  5. Kemudian mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Jangan lupa lampirkan juga semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari Samsat
  6. Selanjutnya lakukan pembiayaan pajak kendaraan bermotor (Bila belum dibayar)
  7. Lalu membayar biaya pembuatan STNK baru
  8. Terakhir pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah)

Apabila sudah menyelesaiakn beberapa tahapan cara mengurus STNK yang hilang diatas, maka anda harus melakukan proses pembayaran. Rincian yang biasaya harus dikeluarkan adalah Rp 50.000/penerbitan untuk kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4 atau lebih senilai Rp 75.000/penerbitan. Disisi lain kami juga akan menghimbau kepada pemilik STNK yang hilang, walaupun beberapa tahapan ada yang sulit untuk di urus, usahakan untuk tidak melibatkan calo yang menawarkan jasanya. Hal ini dikarenakan biaya yang harus di tanggung mungkin 2 kali lipat dari biaya yang seharusnya dibayarkan.

Source:

cara mengurus stnk yang hilang 2017 di tuban, fatchhunar car bpras