Cara Daftar NPWP Secara Online Mudah dan Cepat

Cara Daftar NPWP – Berada di negara yang taat akan aturan pemerintah akan hukum, Indonesia telah menetapkan setiap warganya untuk taat pajak. Membayar pajak sesuai ketentuan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Sebagai bentuk ketaatan dalam membayar pajak adalah dengan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Sedikit kami informasikan bahwa NPWP sendiri merupakan salah satu nomor yang diberikan kepada para masyarakat yang memiliki tanggungan akan wajib pajak (WP) sebagai sarana sebagai administrasi perpajakan. Kegunaan dari NPWP sendiri juga sebagai tanda pengenal diri atau identitas yang melakukan wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban pajak. NPWP sendiri juga penting untuk dimiliki bagi setiap warga negara sebagai ketaataan wajib membayar pajak.

Cara Daftar NPWP

Cara Daftar NPWP (pajak.go.id)

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa NPWP sendiri tidak hanya digunakan sebagai nomer administrasi perpajakan saja namun juga memiliki sistem peranan yang laninya. Tidak sedikit banyak masyarakat yang menggunakan NPWP sebagai persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum seperti, kartu kredit bank, paspor, dan persyaratan pegawai untuk beberapa instansi, mengurus restitusi pajak dan yang lainya. Akan tetapi dari masing-masing fungsinya, tentunya memiliki sistem yang berbeda-beda. Salah satu yang membedakan dari sistem yang dipergunakan cara daftar NPWP secara online dan sistem yang dipergunakan oleh petugas pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak.

Adanya layanan registrasi NPWP secara online sedikit membuat masyarakat merasa diuntungkan lantaran keberadaanya yang cenderung lebih fleksibel. Tidak sedikit banyak orang yang melakukan e-registrasi menggunakan sistem aplikasi dari informasi perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak yang berbasis hardware dan software. Aplikasi ini nantinya akan dihubungkan oleh perangkat komunikasi dengan pendataan proses pendaftaran wajib pajak. Maka dari itu, bagi mereka yang saat ini masih merasa pekat dengan cara daftar NPWP, berikut kami telah paparkan pembahasanya dibawah ini.

Cara Daftar NPWP via Online

  1. Buka situs resmi NPWP atau bisa klik disini (https://ereg.pajak.go.id/login)
  2. Pilih menu “Daftar / Registrasi”
  3. Tuliskan data pengguna dengan benar seperti alamat email, password, dan lainnya.
  4. Setelah itu klik “Daftar”
  5. Lakukan “Aktifasi Akun” dengan membuka inbox email
  6. Berikutnya lakukan pengisian formulir, setelah melakukan “Log in”
  7. Lengkapi semua isi formulir dengan benar, sehingga muncul surat keterangan terdaftar sementara
  8. Kirim formulir pendaftaran dengan klik “Kirim”
  9. Kemudian “Cetak / Print” formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan  sementara

Apabila formulir dan surat keterangan sementara sudah tercetak, maka anda harus mengirimkan formulir registrasi beserta dokumen lainnya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda sebagai Wajib Pajak terdaftar. Perlu diketahui bahwa berkas yang sudah lengkap langsung bisa diserahkan ke KPP atau melalui Pos Tercatat. Selain itu pengiriman dokumen ini harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim. Kemudian lakukan pengecekan status e-registration, apabila ditolak maka ada beberapa berkas yang harus diperbaiki dan apabila diterima, maka kartu NPWP akan segera dikirim melalui pos yang dikirimkan.