Cara Buat SIM, Biaya dan Prosedur yang Harus Dipenuhi

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Cara Buat SIM, Biaya dan Prosedur yang Harus Dipenuhi. Selamat membaca dan jangan lupa bagikan artikel situs cara cek CekCara.com.

Cara Buat SIM – Sudah menjadi kewajiban para pengemudi ketika berkendara harus memenuhi standart keamanan dan juga kelengkapan surat berlalu dalam berlalu lintas. Dewasa ini tidak jarang sebagian pengemudi masih sering mengabaikan beberapa hal seperti tidak memakai helm, sabuk pengaman, dan beberapa aturan yang lainya. Akan tetapi untuk membuktikan bahwa anda sudah layak berkendara dijalan raya adalah dengan memiliki kartu SIM. Namun lebih banyak sejumlah pengemudi yang tidak melengkapi dirinya dengan memiliki SIM ketika berkendara. Mungkin yang menjadi penyebab utama ketika terjadi kecelakan lalu lintas adalah mereka yang tidak memiliki SIM sehinga kecakapan dalam berkendara masih terlalu rendah.

Cara Buat SIM

Cara Buat SIM (motorexpertz.com)

Publik juga beropini ketika mereka tidak melengkapi SIM ketika berkendara lantaran ia masih belum mengetahui cara memuat SIM. Alasan ini mungkin saja terjadi, akan tetapi tetap saja ketika andaberkendara tidak memiliki surat izin berkendara bisa dikatakan anda sudah melakukan  pelanggaran. Pada hakekatnya keberadaan SIM sendiri tidak hanya sebuah kartu identitas layaknya e-KTP, namun lebih dari tanda bukti anda lihai dalam berkendara. Selain itu tidak banyak yang mengetahui bahwa SIM sendiri merupakan tolak ukur dari sisi pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan mengemudikan kendaraan bermotor yang sesuai dengan pernyataan yang ditentukan berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) ini tidak membutuhkan biaya buat SIM yang terlalu mahal. Hal ini dikarenakan tiap masing-masing jenis SIM perseorangan dan juga jenis SIM umum sudah berbeda. Tiap masing-masing golongan juga menawarkan rentan nominal rupiah yang berbeda. Disini kami juga akan memberikan beberapa golongan dari masing-masing jenis SIM agar nantinya anda bisa menentukan sendiri jenis SIM dan juga golongan yang lebih dibutuhkan. Berikut telah kami sediakan pemaparanya berikut ini.

Golongan SIM Perseorangan

  • SIM A : mengemudikan mobil penumpang dan barang  dengan jumlah berat tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1: mengemudikan mobil dengan penumpang dan barang dengan jumlah berat lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2: untuk mengemudikan kendaraan alat berat dan kendaraan penarik dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  • SIM C: mengemudikan kendaraan bermotor roda dua yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam.
  • SIM D: kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus.

Golongan SIM Umum

  • SIM A Umum: mengemudikan penumpang dan baranf dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1 Umum: mengemudikan penumpang dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2 Umum: mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan lebih dari 1.000 kg untuk kereta tempelan atau gandengan.

Nah, jika sudah mengetahui beberapa macam golongan dari SIM Perseorangan dan juga Umum, maka tahap selanjutnya bisa mempersiapkan beberapa syarat pembuatan SIM yang nantinya akan dibutuhkan. Jika salah satu syarat yang kurang, bisa jadi anda tidak lolos dalam tes yang nantinya akan dilakukan, berikut beberapa syarat buat SIM yang harus dipenuhi.

Persyaratan Pembuatan SIM Perseorangan

Baca  Cara Daftar Akun Gmail Google untuk Play Store Secara Mudah

Batas Usia Minimal

  • SIM A: 18 tahun
  • SIM B1: 20 tahun
  • SIM B2: 20 tahun
  • SIM  C: 17 tahun
  • SIM D: 17 tahun

Syarat Administratif

  • Membawa KTP
  • Mengisi formulir permohonan
  • Sehat jasmani dan rohani, berpakaian rapi (formal)
  • Lulus Ujian teori, ujian praktek, atau ujian keterampilan melalui simulator

Persyaratan Pembuatan SIM Umum

Batas Usia Minimal Pemohon

  • SIM A Umum: 20 tahun
  • SIM B1 Umum: 22 tahun
  • SIM B2 Umum: 23 tahun

Syarat Administratif

Ada beberapa syarat administratif untuk SIM Umum yang tidak jauh beda ketika ada membuat SIM Peseorangan seperti diatas. Namun ada salah satu yang membedakan adalah mengikuti tes klinik mengemudi untuk mendapatkan Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP)

Apabila semua kecakapan syarat sudah terpenuhi, maka anda bisa melihat beberapa tahapan cara membuat SIM sesuai dengan prosedur yang akan kami berikan dibawah ini.

Prosedur Buat SIM

  1. Bawa fotokopi KTP
  2. Siapkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter atau klinik kepolisian
  3. Beli permohonan pembuatan SIM sesuai dengan tarif yang telah ditentukan untuk pembuatan SIM baru.
  4. Jika ada bayar premi asuransi sebesar Rp30.000
  5. Isi semua data yang ada di formulir permohonan dengan lengkap dan benar
  6. Serahkan ke petugas loket dan tunggu pemanggilan
  7. Ikuti ujian tulis dan praktek sesuai dengan aturan dan ketentuan yang diberikan
  8. Berikutnya akan diminta untuk membubuhkan tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan juga foto
  9. Tidak lama kemudian akan dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi di loket pengambilan SIM.

Setelah mengetahui beberapa ketentuan mengenai cara membuat SIM, maka anda bisa mempraktekan beberapa tahapan yang sudah kami berikan diatas. Untuk mengetahui jumlah biaya dari masing-masing golongan SIM kami juga menyertakan tarif yang harus dikeluarkan ketika membuat SIM, berikut ulasanya.

  • SIM A: Rp120.000
  • SIM B1 dan B2: Rp120.000
  • SIM C: Rp100.000
  • SIM D: Rp50.000

Disini kami juga akan meyampaikan bahwa biaya untuk buat SIM di atas, mungkin sewaktu-waktu bisa berubah. Hal ini dikarenakan tiap tahunnya bisa dipastikan akan mengalami kenaikan / penurunan tarif. Selain itu masing-masing daerah tempat pembuatan SIM juga memiliki batas biaya yang juga tidak sama. Itulah beberapa informasi mengenai cara buat SIM A, B1, B2, C, dan D yang sesuai dengan prosedur pembuatan.

Baca  Cara Cek Garansi Lenovo Produk HP dan Laptop Secara Online dan SMS

Source:

persaratan membuat sim c, persaratan membuat sim, persaratan buat sim a, persaratan bikin sim, persaratan sim c, prosedur buat sim 2017