Cara Membuat e-KTP, Syarat dan Prosedur Lengkap

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Cara Membuat e-KTP, Syarat dan Prosedur Lengkap. Selamat membaca dan jangan lupa bagikan artikel situs cara cek CekCara.com.

Cara Daftar e-KTP  – Ada beberapa sistem pemerintah yang saat ini sedang berjalan, tidak hanya berpotensi pada sektor pembangunan saja, namun juga berkopeten dalam urusan ke-administrasian / data kependudukan. Pelayanan yang saat ini sedang dilakukan pada sistem kinerja kependudukannya adalah dengan menggunakan e-KTP sebagai salah satu bukti data diri nasional. Pembuatan e-KTP sendiri bisa dilakukan dengan proses yang lebih modern dengan kecanggihan teknologi saat ini. Elektronik KTP sendiri merupakan salah satu program pemerintah dimana dalam pencetakannya sendiri bisa dibuat dengan kecanggigan teknologi. Jika dibandingkan dengan KTP , sistem yang digunakan sudah jauh berbeda dari beberapa aspek kependataan yang dilakukan.

Cara Buat e-KTP

Cara Buat e-KTP (mediaindonesia.com)

Salah satu yang menjadi pembeda antara e-KTP dengan penggunakan sistem pendataan manual, adalah pemilik kartu KTP mungkin bisa memiliki lebih dari satu kartu identitas. Berbeda ketika sudah menggunakan e-KTP yang saat ini dijalankan yang tidak akan ada duplikasi identitas. Beberapa alasan publik ketika ingin membuat KTP lebih dari 1 adalah ingin menghindari pajak pemerintah, memudahkan dalam pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota, dan yang lainya. Pada dasarnya tidak hanya Indonesia yang sudah menerapkan  sistem e-KTP tapi sejumlah negara termasuk India, Cina dan beberapa negara Eropa juga sudah mewajibkan penduduknya memiliki e-KTP. Namun yang menjadi kendala adalah, banyak beberapa penduduk yang masih awam dengan cara buat e-KTP dan prosedur yang harus dijalani.

Kebanyakan, permasalahan yang tidak bisa membuat e-KTP menimpa kaum remaja yang baru saja menginjak usia 17 tahun yang ingin daftar e-KTP. Mungkin dalih mereka adalah ada beberapa tahapan yang nantinya akan mempersulit pendaftaran. Hal ini juga tidak bisa dipungkiri lantaran ada beberapa tahapan yang nantinya juga akan dipandu oleh petugas. Walaupun demikian, anda harus tetap memiliki e-KTP yang nantinya digunakan sebagai syarat utama ketika buka rekening BCA, daftar BPJS Kesehatan, pembuatan SIM dan yang lainya. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih kesulitan dengan beberapa cara buat e-KTP dan prosedur yang harus dijalani, kami disini telah memberikan beberapa tahapan yang bisa di lihat dibawah ini.

Syarat Daftar e-KTP

Sebelum membahas pada topik utama,  ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mendatangi kantor kelurahan / kecamatan. Untuk lebih lengkapnya bisadi lihat berikut ini.

Baca  Cara, Syarat dan Biaya Mengurus STNK yang Hilang
  • Usia minimal telah adalah 17 tahun
  • Menyediakan surat pengantar RT/ RW
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Mengisi formulir F1.01 permohonan KTP
  • Pengambilan data siswa

Apabila semua syarat sudah dilengkapi, maka tahapan selanjutnya adalah bisa mengikuti beberapa prosedur buat e-KTP yang akan kami berikan dibawah ini.

Mengambil Nomer Antrian

Jika semua dokumen sudah berada dalam satu bandel, maka bisa menumpuk kelengkapan persyaratan pada petugas kator. Setelah itu anda bisa mengambil nomer urut yang telah di sediakan. Tunggu beberapa saat hingga petugas memanggil nomer urut setelah melakukan rangkaian pengecekan semua data dan pendataan oleh petugas selesai.

Pengambilan Foto dan Data Biometrik

Petugas akan memandu untuk memberikan intruksi kepada penduduk untuk melakukan pengambilan foto digital. Kemudian akan diminta untuk menyertakan tanda tangan pada alat perekam elektronik. Selain itu, untuk penambah tingkat keamanan kartu identitas yang dimiliki, maka anda juga akan melakukan perekaman data sidik jari tangan. Nah, untuk menjadi pelengkap data juga akan dilakukan pemindaian retina (iris) mata.

Penandatanganan Petugas

Apabila sejumlah rangkaian pengambilan data pribadi sudah selesai dilakukan, maka petugas yang akan membubuhkan tanda tangan dan stempel pada surat panggilan. Hal ini juga dilakukan sebagai tanda bukti bahwa masyarakat telah melakukan rangkaian pendafataran e-KTP. Pada tahap ini tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja.

Pengambilan e-KTP

Pada tahap proses pencetakan e-KTP dibutuhkan waktu 14 hari untuk bisa mengambil kartu identitas diri anda. Akan tetapi lama atau tidaknya pengambilan e-KTP juga tergantung kesiapan masing-masing wilayah dalam memfasilitasi pembuatan e-KTP. Selain itu alat yang digunakan bisa saja juga mengalami kendala sehingga membuat proses pencetakan e-KTP terhambat.

Dari seluruh tahapan cara buat e-KTP dan prosedur yang harus dilakukan diatas, secara tidak langsung telah membuktikan bahwa sejumlah rangkaian yang diberikan cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, proses yang dilakukannya pun juga terbilang lebih modern dengan sejumlah pelayanan yang dilakukan dengan cepat. Selain itu tingkat keamanan dari e-KTP sendiri juga dapat dipastikan jauh lebih aman. Disisi lain rangkaian yang sudah anda jalankan bisa dinikmati secara gratis. Ada beberapa layanan yang memang tidak sedikit membutuhkan waktu yang lama.

Baca  Cara Cek NUPTK, Dapodik, PTK & Data Guru

Source:

prosedur e ktp, syarat dan cara buat E ktp 2017, cara daftar e ktp, cara daftar e-ktp bagi remaja yang baru 17 tahun, Cara lengkap membuat ektp, pembuatan e ktp terbaru2017