Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI, Mandiri dan BNI

Info Cara-cara Terbaru 2017 kali ini berisi mengenai Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI, Mandiri dan BNI. Selamat membaca dan jangan lupa bagikan artikel situs cara cek CekCara.com.

Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM – Kemajuan jaman seperti sekarang ternyata sudah di imbangi dengan adanya berbagai fasilitas yang mendukung program yang pemerintah lakukan. Contohnya saja dengan kemajuan teknologi yag ada, program jaminan kesehatan juga mengalami perkembangan. Salah satunya berupa asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan bukti bahwa adanya program pemerintah ini mampu menjamin pemeliharaan kesehatan. BPJS sendiri umumnya digunkan pada masyarakat yang memang membutuhkan. Namun pada akhirnya semua orang kini sudah memiliki BPJS sebagai layanan operasional kesehatan. Akan tetapi tidak sedikit pula masyarakat kita yang masih menggunakan kartu pemerintah terdahulu seperti Askes, Jamkesmas, dan yang lainya.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM

Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM (pernikjogjakarta.wordpress.com)

Mungkin salah satu faktor yang menyebabkan mereka bertahan menggunakan program kesehatan diatas, lantaran mereka masih belum tahu cara bayar BPJS Kesehatan. Namun seiring berjalannya waktu beberapa program kesehatan terdahulu, kini mulai dirubah dengan layanan BPJS Kesehatan yang bisa dinikmati oleh penduduk Indonesia. Walaupun masyarakat harus melakukan pembayaran setiap bulan dengan tingkat kelas yang dipilhnya. Mungkin hal ini bisa dikatakan sebagai asuransi kesehatan namun jumlah nominal tidak bisa dicairkan. Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan yang iuran per bulanya dapat di klaim. Akan tetapi penggunaan BPJSTK hanya dikhususkan bagi sektor pekerja saja yang berbanding terbalik dengan BPJS kesehatan yang bisa digunakan oleh semua publik.

Perbedaan lain juga ditunjukan pada cara membayar BPJS yang mana untuk BPJS Ketenagakerjaan sudah ada pemotongan gaji ditempat kerjannya untuk membayar iurannya. Sedangkan untuk BPJS Kesehatan peserta harus melakukan pembayaran lewat bank ataupun mesin ATM. Walaupun cara pembayarannya terbilang mudah bagi masyarakat modern, namun tidak jarang juga beberapa masyarakat yang enggan daftar BPJS terganjal dengan proses pembayarannya yang diklaim ribet. Hal ini juga yang menjadi alasan masyarakat yang masih mempertahankan untuk menggunakan kartu pemerintah terdahulu. Maka dari itu bagi anda yang saat ini masih awam perihal cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM berikut kami telah berikan beberapa panduannya dibawah ini.

Bayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri

Baca  Manfaat BPJS Bagi Kesehatan Masyarakat
  1. Masukan kartu ATM maka, input nomer PIN
  2. Lalu cari menu “BAYAR / BELI”
  3. Kemudian bisa tekan “LAINNYA”
  4. Berikutanya adalah menu “BPJS”
  5. Setelah itu pilih “BPJS Kesehatan”
  6. Tekan menu “Individu”
  7. Berikutnya inputkan kode 89888 kemudian di ikuti 11 angka dari belakang nomor Virtual Account (nomor yang ada pada kartu BPJS) lalu tekan “BENAR“
  8. Pilih angka 1 jika melakukan pembayaran hanya sebulan, kemudian tekan “BENAR“
  9. Konfirmasi pembayaran dengan ketikkan angka 1.

Bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BRI

  1. Masukan kartu ATM dan juga nomor PIN.
  2. Lalu pilih menu “Transaksi Tunai”
  3. Cari menu “Transaksi Lainnya”
  4. Pilih “Pembayaran”
  5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, maka pilih saja menu “Lainnya” sampai ketemu menu BPJS.
  6. Tekan menu BPJS
  7. Kemudian cari menu BPJS Kesehatan
  8. Masukan nomor virtual account BPJS Kesehatan
  9. Terakhir masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai tingkatan kelas BPJS yang digunakan
  • Kelas 1: Rp 80.000
  • Kelas 2 : Rp 51.000
  • Kelas 3: 25.500

Bayar BPJS Kesehatan via ATM BNI

Jika anda nasabah bank BNI, maka untuk melakukan pembayar iuran BPJS Kesehatan bisa mengikuti cara bayar BPJS Kesehatan bank BRI. Prosedur yang bisa dilakukannya tidak jauh beda atau bisa dikatakan sama.

Selain bisa menggunakan ketiga jalur per-bankan yang telah kami berikan diatas, peserta BPJS Kesehatan juga bisa melakukan pembayaran tagihan BPJS melalui beberapa swalayan yaitu Indomaret dan Alfamart. Yang dibutuhkan hanya membawa nomer virtual masing-masing peserta kartu BPJS Kesehatan. Apabila anda menyetorkan iuran BPJS di ATM secara gratis, berbeda ketika anda membayar iuran lewat Alfamart dan Indomart yang akan dikenakan biaya tambahan admin sebesar Rp 2. 500

Baca  Tarif Iuran BPJS Kesehatan Per Bulan Terbaru 2017